Minggu, 15 Januari 2012

2.pemasaran


Pengertian Pasar

Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa .

Definisi pasar secara luas menurut W. J . Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan , uang untuk belanja , serta kemauan untuk membelanjakannya.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau nonprofit ) guna memenuhi kebutuhan dasar dengan barang atau jasa , menetapkan harga , mendistribusikan , serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Jenis - Jenis Pasar

Jenis - jenis pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan , cara transaksi dan menurut jenis barangnya.

Jenis Pasar menurut wujudnya di bagi menjadi dua yaitu pasar nyata dan pasar abstrak atau tidak nyata.
  • Pasar Konkret atau nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dapat dibeli oleh pembeli secara langsung . Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
  • Pasar Abstrak atau tidak nyata
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak dapat menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagang saja. Contoh pasar online , pasar saham , pasar modal dan pasar valuta asing.

Jenis pasar menurut cara transaksinya di bagi menjadi dua yaitu pasar tradisional dan pasar modern.
  • Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung.
  • Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjualbelikan dengan harga pas yang berarti tidak ada tawar menawar. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal , plaza , dan tempat-tempat modern lainnya.

Jenis pasar menurut jenis barangnya.

Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan , pasar sayur , pasar buah , pasar ikan dan daging serta pasar loak.

Jenis pasar menurut luas jangkauan.
  • Pasar Daerah
Pasar Daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah.
  • Pasar Lokal
Pasar Lokal membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.
  • Pasar Nasional
Pasar Nasional membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri.
  • Pasar Internasional
Pasar Internasional membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia.

Konsep pemasaran

Konsep pemasaran adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan ( eksternal ) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk - produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan . Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan adalah berusaha memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen yang dijabarkan dalam kegiatan pemasaran yang memadukan kegiatan - kegiatan fungsional lain ( misalnya kegiatan produksi , keuangan , personalia , dan sebagainya ) .

Perkembangan Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan ( evolusi pemikiran ). Perkembangannya sebagai berikut :
  1. Konsep produksi
  2. Konsep produk
  3. Konsep penjualan
  4. Konsep pemasaran
  5. Konsep pemasaran - sosial
  6. Konsep pasar
1. Konsep Produksi

Konsep produksi adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi ( internal ) bahwa konsumen hanya akan membeli produk - produk murah. Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya ( produksi dan distribusi ) agar dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen.

2. Konsep Produk


Konsep produk adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk - produk yang berkualitas atau berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas.

3. Konsep Penjualan


Konsep penjualan adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan ( internal ) bahwa konsumen perlu di pengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehinnga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan adalah usaha - usaha meningkatkan cara - cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif agar mampu mempengaruhi , membujuk konsumen untuk membeli sehingga penjualan dapat meningkat.

4.
Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan ( eksternal ) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk - produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan. Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan adalah berusaha memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku konsumen yang dijabarkan dalam kegiatan pemasaran yang memadukan kegiatan - kegiatan fungsional lain ( misalnya kegiatan produksi , keuangan , personalia , dan sebagainya ) .

5. Konsep Pemasaran yang memasyarakat sosial


Konsep pemasaran yang memasyarakat sosial adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk - produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen.

6. Konsep Pasar

Konsep pasar adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing - pesaing perusahaan bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya , untuk berkembang , dan untuk mendapatkan laba.

Keadaan Permintaan
  • Permintaan Negatif
Permintaan negatif adalah keadaan dimana sebagian terbesar dari segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai produk atau jasa yang ditawarkan , bahkan mereka bersedia membayar untuk menghindarinya. Misalnya permintaan negatif terhadap vasectomy. Tugas pemasaran adalah menganalisa mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut dan apakah program pemasaran yang terdiri dari perancangan ulang produk , harga yang lebih rendah , promosi yang lebih baik , dan dapat mengubah keyakinan dan perilaku pasar.
  • Tidak ada permintaan
Berarti orang tidak berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau jasa. Tugas pemasaran adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk tersebut dengan kebutuhan dan minat alami seseorang.
  • Permintaan Laten
Permintan laten adalah banyaknya konsumen yang memiliki kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oleh produk yang sudah ada. Tugas pemasaran adalah mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan produk yang dapat memuaskan permintaan tersebut.
  • Permintaan Menurun
Permintaan Menurun adalah suatu keadaan dimana permintaan untuk suatu produk atau jasa semakin berkurang dari tingkat sebelumnya , dan diperkirakan akan menurun terus dan jika tidak memperbaiki pasar yang dituju atau usaha - usaha pemasaran. Tugas pemasaran adalah membalikan arah penurunan permintaan melalui pemasaran ulang yang kreatif.
  • Permintaan Tidak Teratur
Perusahaan dapat mengalami masa - masa penuh dan masa - masa sepi atau permintaan tidak teratur , yaitu suatu keadaan dimana pola permintaan pada saat tertentu dipengaruhi oleh fluktuasi musim atau hal - hal lain . Misalnya hotel di daerah wisata akan mengalami masa - masa penuh pada musim liburan dan akan mengalami masa - masa sepi di luar musim liburan. Tugas pemasaran adalah mencari jalan untuk mengubah pola permintaan yang sama melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi dan insentif lainnya. Ini yang disebut dengan
  • Permintaan Penuh
Permintaan penuh adalah suatu keadaan dimana tingkat dan saat permintaan yang sekarang sama dengan tingkat dan saat permintaan yang diharapkan. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan saat ini ditengah perubahan preferensi konsumen dan peningkatan persaingan.
  • Permintaan yang berlebihan
Permintaan yang berlebihan adalah suatu keadaan dimana permintaan lebih besar daripada penawarannya. Tugas pemasaran adalah mencari cara dan tujuan untuk mengurangi produk yang bersangkutan untuk sementara waktu dengan tidak merusak permintaan.
  • Permintaan tidak sehat
Permintaan tidak sehat adalah permintaan beberapa jenis produk yang dapat dinilai tidak baik dari segi kesejahteraan konsumen , kemakmuran masyarakat atau penyedia , seperti permintaan rokok , obat - obat terlarang atau ganja dll . Tugas pemasaran adalah merangkul orang-orang yang menyukai produk yang tak bermanfaat agar menghentikannya.

Falsafah Manajemen Pemasaran

Ada lima konsep pemasaran yang dilakukan organisasi untuk menjalankan pemasaran mereka :
  • Konsep Produksi
Falsafah yang menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk - produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan , dan manajemen sebaiknya memusatkan perhatian pada peningkatan efisiensi produksi dan distribusi.
  • Konsep Produk
Gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk - produk yang menawarkan mutu , kinerja dan penampilan terbaik dan bahwa suatu organisasi sebaiknya mencurahkan tenaganya untuk melakukan perbaikan produk secara berkesinambungan.
  • Konsep Penjualan
Gagasan bahwa konsumen tidak akan membeli cukup produk perusahaan , kecuali jika perusahaan tersebut melakukan upaya - upaya penjualan dan promosi yang gencar.
  • Konsep Pemasaran
Falsafah manajemen pemasaran yang menyatakan bahwa pencapaian tujuan - tujuan organisasional bergantung pada penetapan kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien dibandingkan dengan pesaing.
  • Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
Gagasan bahwa organisasi sebaiknya menentukan kebutuhan keinginan dan minat dari pasar sasaran dan mengirimkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien daripada pesaing sedemikian rupa sehingga mampu memelihara atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

Bauran Pemasaran

Dunia pemasaran merupakan dunia yang bersifat dinamis dan memiliki jangkauan yang sangat luas. Berbagai tahap kegiatan harus dilalui oleh barang dan jasa sebelum sampai pada tangan konsumen. Seiring dengan perkembangan konsep pemasaran , kini para ahli telah menyederhanakan ruang lingkup yang luas itu menjadi empat kebijakan pemasaran yang lazim disebut dengan bauran pemasaran ( Marketing Mix ) atau 4P dalam pemasaran yang terdiri dari produk ( Product ) , harga ( Price ) , distribusi (Place) , dan promosi (Promotion). Secara garis besar keempat variabel tersebut dapat dijelaskan melalui penjelasan masing-masing sebagai berikut :
  • Produk ( Product )
Suatu sifat yang komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba , termasuk bungkus , warna , harga , prestise perusahaan dan pengecer , pelayanan perusahaan dan pengecer , yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
  • Harga ( Price )
Definisi harga menurut Philip Kotler adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas , harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa. Penetapan masalah harga dan persaingan harga telah dinilai sebagai masalah utama yang dihadapi oleh perusahaan.
  • Distribusi ( Place )
Definisi distribusi menurut Philip Kotler adalah berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Keputusan penentuan lokasi dan saluran yang digunakan untuk memberikan jasa kepada pelanggan melibatkan pemikiran tentang bagaimana cara mengirimkan atau menyampaikan jasa kepada pelanggan dan dimana hal tersebut akan dilakukan. Ini harus dipertimbangkan karena dalam bidang jasa sering kali tidak dapat ditentukan tempat dimana akan diproduksi dan dikonsumsi pada saat bersamaan. Saluran distribusi dapat dilihat sebagai kumpulan organisasi yang saling bergantungan satu sama lainnya yang terlibat dalam proses penyediaan sebuah produk / pelayanan untuk digunakan atau dikonsumsi. Penyampaian dalam perusahaan jasa harus dapat mencari agen dan lokasi untuk menjangkau populasi yang tersebar luas.
Sebagai salah satu variabel marketing mix , place / distribusi mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu perusahaan memastikan produknya, karena tujuan dari distribusi adalah menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen pada waktu dan tempat yang tepat.
  • Promosi ( Promotion )
Promosi berkaitan dengan bagaimana cara mengkomunikasikan suatu produk kepada masyarakat agar produk tersebut dapat dikenal dan akhirnya dibeli oleh masyarakat.

Tujuan Sistem Pemasaran

Ada empat tujuan sistem pemasaran yaitu :
  • Memaksimumkan tingkat konsumsi
Memaksimumkan tingkat konsumsi dapat mengakibatkan permintaan terhadap berbagai produk , termasuk berimplikasi terhadap permintaan produk yang kita hasilkan , pada gilirannya dapat merangsang peningkatan produksi. Dengan kata lain , dengan memaksimukan tingkat konsumsi dapat memaksimumkan pula tingkat produksi , kesempatan bekerja , kesempatan berusaha , kesejahteraan masyarakat dan mutu hidup masyarakat.
  • Memaksimumkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen merupakan sasaran dari semua kegiatan dalam sistem pemasaran suatu produk. Kepuasan tersebut bisa dilihat jika seorang konsumen tidak merasa kecewa dalam mengeluarkan biaya untuk mendapatkan barang yang dibelinya. Untuk memaksimumkan kepuasan konsumen bisa melalui kualitas produk yang ditawarkan dan atau pelayanan yang prima.
  • Memaksimumkan pilihan
Upaya untuk memaksimumkan pilihan konsumen memerlukan alternatif pilihan dari produk yang beraneka ragam.
  • Memaksimumkan mutu hidup masyarakat
Memaksimumkan mutu hidup masyarakat tidak hanya ditentukan oleh mutu , kuantitas , dan tingkat ketersediaan produk , serta jumlah biaya yang dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk tersebut , tetapi juga oleh mutu lingkungan fisik dan kebiasaan atau kebudayaan setempat.

Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
  • Pendekatan serba fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran , yaitu pembelian , pengangkutan , penjualan , penyimpanan , pembelanjaan , penanggungan resiko , standarisasi dan grading , pengumpulan informasi pasar.
  • Pendekatan serba lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran , misal produsen , suplier , perantara dagang dan sebagainya.
  • Pendekatan serba barang
Studi tentang bagaimana barang berpindah dai produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.
  • Pendekatan serba manajemen
dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
  • Pendekatan serba sistem
Menyangkut elemen - elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi , manajemen , produk , dan lembaga.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar