Minggu, 15 Januari 2012

1. Ruang lingkup bisnis


Pengertian Bisnis dan Jenisnya
Bisnis adalah aspek kegiatan yang menyalurkan barang-barang melalui saluran yang produktif dari membeli barang mentah, sampai menjadi barang jadi. Menurut Kismono (2001) bisnis adalah proses sosial yang dilakukan setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang mempunyai nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
*Tujuan Kebijakan Bisnis
  • Melindungi Usaha Kecil Menengah
Dewasa ini perkembangan bisnis di Indonesia sangatlah maju , terutama di sektor perdagangan, karena usaha ini tidak hanya bisa dilakukan oleh masyarakat tingkat ekonomi atas, melainkan masyarakat tingkat ekonomi menengah ke bawahpun bisa menggeluti usaha ini. Mengingat posisi bisnis sebagai usaha bersama seluruh masyarakat Indonesia, maka Pemerintah perlu mencanangkan kebijakan bisnis yang didalamnya mengatur aturan dan batasan dalam berbisnis, sehingga tidak menggangu dan menekan Usaha Kecil Menengah yang merupakan penyokong perekonomian bangsa, terlebih Usaha Kecil Menengah merupakan bisnis yang banyak dilakukan oleh masyarakat tingkat ekonomi menengah kebawah yang sangat membantu pendapatan perkapita dan pendapatan nasional.
  • Melindungi Konsumen
Perlindungan konsumen memang harus di utamakan oleh produsen jika hal ini tidak di lakukan oleh produsen maka akan terjadi bisnis yang tidak sehat dan sangat merugikan konsumen. Dalam beberapa kasus, banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran yang merugikan para konsumen dalam tingkatan yang dianggap membahayakan kesehatan bahkan jiwa dari para konsumen. Makanan kadaluarsa yang kini banyak beredar berupa parcel dan produk-produk kadaluarsa pada dasarnya sangat berbahaya karena berpotensi ditumbuhi jamur dan bakteri yang akhirnya bisa menyebabkan keracunan. Masih ditemukan ikan yang mengandung formalin dan boraks, seperti kita ketahui bahwa kedua jenis cairan kimia ini sangat berbahaya jika dikontaminasikan dengan bahan makanan, ditambah lagi jika bahan makanan yang sudah terkontaminasi dengan formalin dan boraks tersebut dikonsumsi secara terus-menerus akibat ketidaktahuan konsumen maka kemungkinan besar yang terjadi adalah timbulnya sel-sel kanker yang pada akhirnya dapat memperpendek usia hidup atau menyebabkan kematian.

Dari contoh-contoh diatas dapat kita ketahui bahwa konsumen menjadi pihak yang paling dirugikan. Selain konsumen harus membayar dalam jumlah atau harga yang boleh dikatakan semakin lama semakin mahal, konsumen juga harus menanggung resiko besar yang membahayakan kesehatan dan jiwanya hal yang memprihatinkan adalah peningkatan harga yang terus menerus terjadi tidak dilandasi dengan peningkatan kualitas atau mutu produk. Itulah mengapa di perlukan kebijakan bisnis untuk melindungi konsumen.


*Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh atau bisa memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor-faktor tersebut di pegang oleh pemerintah
Macam - macam sistem perekonomian
  • Sistem perekonomian kapitalisme

Sistem perekonomian kapitalisme adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan menjual barang dan sebagainya. Dalam sistem perekonomian kapitalis,semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya.
  • Sistem perekonomian sosialisme

Sistem perekonomian sosialisme adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dengan campur tangan pemerintah.
  • Sistem perekonomian komunisme

Sistem perekonomian komunisme adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber kegiatan perekonomian.
  • Sistem perekonomian fasisme

Sistem perekonomian fasisme adalah paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain, dengan kata lain, fasisme merupakan sikap rasionalism yang berlebihan.


Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang atau jasa. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan menjual dan membeli antara calon penjual dan calon pembeli. Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang dan ada pembeli, kesepakatan harga barang antara calon penjual dan calon pembeli, dan tidak ada bentuk pemaksaan dari pihak manapun Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2. yaitu, pasar nyata ataupun pasar tidak nyata (abstrak). Bias kita lihat penjabaran dibawah ini:
  • Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar dimana barang yang akan diperjual belikan dan dapat dilihat langsung oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
  • Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan pembeli tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.


Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi 2. Yaitu,  pasar tradisional dan pasar modern.
  • Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok (sembako).
  • Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan, pasar sayur, pasar buah, pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual, pasar dapat dibedakan menjadi:
  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional

*kesempatan bisnis dan usaha
ada 4 tempat untuk mendapatkan peluangg bisnis, yaitu :
a. Diri sendiri
sumber pertama gagasan yang paling dekat dan mudah, adalah diri sendiri.
b. pelanggan
sumber kedua memperoleh gagasann bisnis baru adalah melalui pelanggan dan pesaing.
c. pasar
sumber gagasan bisnis baru berikutnya adalah pasar.
d. produk yang gagal
sumber keempat lahirnya gagasan bisnis adalah produk-produk yang gagal.

*Unsur-unsur Penting Dalam Aktivitas Ekonomi
  1. Manusia
  2. Modal
  3. Material
  4. Metode
  5. Manajerial
  6. Mesin atau peralatan
* Hakikat Bisnis

Hakikat bisnis adalah proses bisnis yang berawal dari pasar sebagai pengelola bisnis dalam menyediakan barang atau hakekat bisnis bisa disebut juga seseorang yang mengelola bisnisnya untuk mendapatkan tambahan keuangan dan kekuasaan dalam berbisnis.

  • Merupakan Sarana Pelaksanaan bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat ( Ingat Prinsif Ekonomi)
  • Adanya Kepentingan antara pelaku Bisnis dengan masyarakat
  • Adanya tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan keuntungan
  • Untuk Memenuhi Kepuasan hidup manusia

*Mengapa Belajar Bisnis ?
  • Agar dapat menghasilkan atau menambah pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita
  • untuk mempunyai masa depan yang cerah atau sukses
  • untuk dapat merubah pola hidup yang lebih menguntungkan, seperti orang yang berawalnya hidup berkecukupan menjadi orang yang lebih berkecukupan
  • untuk mengendalikan permasalahan sosial , seperti mengurangi pengangguran
  • kemajuan teknologi, karena banyak sekarang yang memulai bisnis secara teknologi yang modern seperti memulai bisnis secara online
Pada Intinya kita harus bisa berbisnis karena dapat menghasilkan atau menambah pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita.



sumber:
http://imadeadyanta.blogspot.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar