Senin, 30 Desember 2013

cerpen perjalanan

Kenangan SMA di jogjakarta

aku seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di semarang.  Disini aku akan bercerita  mengenai kenangan liburan semasa lulus sekolah menengah (SMA),  Sepert i yang diketahui kota jogjakarta disebut dengan kota pendidikan. Namun disamping itu kota jogjakarta atau yang biasa disebut kota jogja juga mempunyai banyak tempat wisata yang sering diminati  turis domestik maupun turis asing.
Pada saat itu pasca pengumuman ujian tingkat SMA/SMK dan Alhamdulillah sekolahku siswanya lulus 100%,  dan saat itu aku  dan teman – teman satu kelas berniat untuk merayakan kelulusan dengan cara liburan, namun kami masih  bingung ingin liburan kemana?
 kebetulan aku adalah ketua kelas, aku memutuskan  memberikan kesempatan kepada teman-teman kelas untuk memberikan usul atau pendapat mengenai tujuan liburan. Lalu temanku riky berkata “ gimana kalo, kebromo atau puncak ?, disana  banyak tempat seru yang mungkin bisa merefresh pikiran kita.”,   Tetapi teman lain (bayu) menyanggah “ jangan yang susah-susah, yang gampang aja dulu”. Ryan menambah “gimana kalo kejogja??”a  , dari pendapat  teman tersebut maka aku memberikan keputusan dengan memberi pilihan tujuan liburan ke  jogjakarta, bromo, dan puncak , selanjutnya aku melakukan votting , dari 35 siswa diperoleh hasil : 15 siswa memilih jogjakarta,10 siswa memlih bromo,dan 5 siswa memilih puncak, dan sisanya memilih tidak ikut dengan alasan yang beragam.
Akhirnya  aku memutuskan untuk liburan ke jogja karena hasil votting yang menujukkan  mayoritas  memlih tujuan jogja . selanjutnya aku beserta 4 teman  lain yang bertugas menjadi panitia  mendata siapa saja yg berminat untuk ikut liburan , dan hasilnya hanya 18 siswa yang berminat ikut.  Selang 3 hari  kemudian,  setelah merinci biaya, menentukan tujuan wisata, serta mempersiapkan sarana prasarana.
 hari keberangkatan di tetapkan seminggu kemudian untuk mempersiapkan bekal dan kondisi fisik yang prima.
Singkat cerita tiba saatnya hari yang ditunggu , aku beserta panitia berkumpull lebih pagi untuk mempersiapkan mobil dan lain-lain, sementara yang lain berkumpul pukul 06.30 WIB disekolah. Tidak lama kemudian  aku  dan  teman lain sebagai panitia datang menggunakan 3 mobil.  aku melihat  wajah yang sumringah tanda bahagia muncul dari raut muka  masing-masing.   “lama banget ngambil mobilnya”  kata ryan dengan muka tidak sabar yang ditujukan kepada ku , “iyaa.. ma’af tadi lagi kena macet sedikit”  sahutku
“yaudah semuanya masuk,!!  masukin barang bawaan. ” ujarku sambil membantu memasukkan tas kedalam mobil, setelah semuanya siap,  sebelumnya  kami berdo’a terlebih dulu demi kepentingan bersama.  Selanjutnya kami melakukan perjalanan menuju jogja.
Diperjalanan  kami bercanda, bernyanyi bersama ,   melepas sejenak semua beban hidup yang ada.
Tujuan pertama  pertama kami jatuh pada candi prambanan, sesampainya di candi prambanan pukul 10.30 WIB yang saat itu matahari mulai terik, rombongan kami langsung bergegas masuk candi prambanan untuk melihat candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara itu.  Selesai menjelajahi komplek candi dan menikmati  keindahan candi prambanan , Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 12.30 WIB.  kami memutuskan untuk istirahat makan siang , sholat dan selanjutnya kami bergegas menuju mobil untuk melanjutkan perjalanan
Sekitar satu jam kemudian sampai lah Tujuan kedua , yaitu keraton jogjakarta , beruntung pada saat itu keraton kebetulan sedang ada pemeran, macam-macam barang antik keraton nampak berjejer di stand pameran , seperti kereta kencana yang pernah dipakai sultan hamengkubuwono setiap generasinya, mobil yang pernah dipakai sultan hamengkubuwono, sampai berbagai keris nampak berjejer rapi di dalam etalase kaca.
Selesai  puas melihat dan menikmati pameran sekaligus  menambah pengetahuan mengenai keraton jogjakarta itu, Selanjutnya  menuju Tujuan ketiga yaitu pantai parangtritis, sekitar kurang dari satu jam perjalanan dari keraton jogjakarta  , sekitar pukul 16.00 WIB  sampailah pantai parangtriti. suasana sore , semilir angin dan suara deburan ombak  menambah hasrat untuk bermain air di bibir pantai,  kami pun tidak menyianyiakan kesempatan itu untuk bermain air , dan berfoto dengan keindahan pantai. setelah puas bermain dan  menikmati suasana sore di pantai parangtritis. menjelang malam kami melanjutkan perjalanan menuju pusat kota jogjakarta .  tidak lupa kami mampir di alun-alun selatan jogjakarta  untuk mencoba mitos pohon beringin kembar.  Yang konon katanya “ Jika bisa melewati jalan ditengah diantara kedua pohon tersebut  dengan kondisi mata tertutup,  maka permintaan atau harapan yang selama ini diinginkan akan cepat terwujud”  tetapi kenyataannya  Tidak segampang yang aku bayangkan, Setelah beberapa kali mencoba hanya sekali yang berhasil melewati.
Hari sudah gelap dan kami segera bergegas mobil dan selanjutnya menuju tujuan terakhir yaitu jl. Malioboro, Sekitar 20 menit dari alun-alun selatan jogjaakarta  kemudian sampailah di jl. Malioboro, kami pun tidak mau kehilangan waktu belanja, dan  membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah.
Setelah kurang lebih 3 jam menikmati malam dan belanja dan membeli oleh-oleh  di malioboro. Kami langsung persiapan untuk melakukan perjalanan pulang.   Didalam perjalanan pulang  kami merasa puas dan tidak satupun dari kami menunjukkan raut muka capek,  kamipun  masih bercanda , becerita , bahkan bernyanyi bersama .
Sekitar pukul 02.30 dini hari kami sampai di kota asal. Dan pulang kerumah masing-masing. Dengan semua kenangan yang mungkin tidak pernah terlupakan .
Jangan pernah menyianyiakan waktu yang ada, nikmatilah , dan manfaatkan untuk hal yang positif karena setiap waktu yang  kita miliki itu tidak akan berputar kembali .