Senin, 30 Desember 2013

tulisan 3


NILAI-NILAI YANG DIPEROLEH PEMBACA LEWAT SASTRA
 
Sebagai seni yang bertulang punggung cerita, mau tidak mau karya sastra (prosa fiksi) langsung atau tidak langsung membawakan moral, pesan atau cerita. Dengan pezicataan lain prosa mempunyai nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra. Adapun nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra antara lain :
1. Prosa fiksi memberikan kesenangan
Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dan membaca fiksi adalah pembaca mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian yang dikisahkan. Pembaca dapat mengembangkan imajinasinya untuk mengenal daerah atau tempat yang asing, yang belum dikunjunginya atau yang tak mungkin dikunjungi selama hidupnya. Pembaca juga dapat mengenal tokoh-tokoh yang aneh atau asing tingkah lakunya atau mungkin rumit perjalanan hidupnya untuk mencapai sukses.
2. Prosa fiksi memberikan infonnasi
Fiksi memberikan sejenis infonnasi yang tidak terdapat di dalam ensildopedi. Dalam novel sexing kita dapat belajan sesuatu yang lebih datipada sejarah atau laporan jumalistik tentang kehidupan masa kini, kehidupan masa lalu, bahkan juga kehidupan yang akan datang atau kehidupan yang asing sama sekali.
3. Prosa fiksi memberikan warisan kultural
Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi, dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa.
4. Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Lewat prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan pengalaman¬pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga memungkinkan labih banyak kesempatan untuk memilih respon-respon emosional atau rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda daripada apa yang disajikan dalam kehidupan sendiri.
SUMBER :
http://deathneverlost.wordpress.com/2011/11/13/konsep-ilmu-budaya-dasar-dalam-kesusastraan/
Terimakasih kepada sumber yang telah memberikan informasi yang sangat bermanfaat. Kami mohon maaf apabila tidak semua sumber dapat kami cantumkan dikarenakan terlalu banyak blog yang kami buka. Sekali lagi terimakasih banyak kepada sumber-sumber yang tercantum maupun yang tidak sempat kami cantumkan.

tulisan 2



ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya Dasar (IBD) merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pe­ngetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji msalah-masalah manusia dan kebudayaan, Dengan demikian jelas bahwa matakuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik seorang pakar dalam salah satu bidang keahlian (disiplin) yang termasuk. Dilihat dari fungsinya Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan yang ada disekitar kita.
Dalam pengetahuan budaya, akan tetapi Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitar­nya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Secara umum tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah Pembentukan dan pengembangan keperibadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas.
SUMBER :

tulisan 1


HUBUNGAN SASTRA DENGAN ILMU BUDAYA DASAR
 
Sastra berasal dari bahasa Sanskerta sastra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" ialah sebuah jenis tulisan yang memiliki arti ataupun suatu keindahan tertentu. Menurut salah seorang penulis sastra yang bernama Goenawan Mohamad "Kesusastraan adalah hasil proses yang berjerih payah, dan tiap orang yang pernah menulis karya sastra tahu: ini bukan sekadar soal keterampilan teknik. Menulis menghasilkan sebuah prosa atau puisi yang terbaik dari diri kita adalah proses yang minta pengerahan batin”.
ada beberapa alasan mengapa ilmu budaya dasar sangat penting hubungannya dalam hal kesuastraan :
1.     Sastra menggunakan bahasa. Sementara itu bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampi semua kegiatan manusia.
2.     Sastra juga lebih mudah berkomunikasi karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sementara itu filsafat mengunakan bahasa adalah abstraksi. Cinta kasih, kebahagiaan, kebebasan, dan lainnya yang digarap oleh filsafat adalah abstra. Sifat abstrak inilah yang menyebabkan filsafat kurang berkomunikasi.
3.     Sastra juga didukung oleh cerita. Dengan cerita orang lebih mudah tertarik, dan dengan cerita orang leih mudah menemukan gagasan-gagasanya dalam bentuk yang tidak normative.
Sastra berasal dari bahasa Sanskerta sastra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" ialah sebuah jenis tulisan yang memiliki arti ataupun suatu keindahan tertentu. Menurut salah seorang penulis sastra yang bernama Goenawan Mohamad "Kesusastraan adalah hasil proses yang berjerih payah, dan tiap orang yang pernah menulis karya sastra tahu: ini bukan sekadar soal keterampilan teknik. Menulis menghasilkan sebuah prosa atau puisi yang terbaik dari diri kita adalah proses yang minta pengerahan batin”.

http://abdisetiawan-abdee.blogspot.com/2010/10/hubungan-ilmu-budaya-dasar-dan.html?showComment=1299862766061#c1081804555652054640 )
http://deathneverlost.wordpress.com/2011/11/13/konsep-ilmu-budaya-dasar-dalam-kesusastraan/

cerpen anak sekolah



Diam-diam menghanyutkan

Disuatu desa dipinggiran kota hidup  anak berumur 10 tahun bernama amir salah satu siswa SDN 1 sukamaju,  yang sehari-hari  berprofesi sebagai  pengamen, amir tinggal di pinggiran sungai bersama keluarga kecilnya , ia tinggal dengan ayah,ibu dan  adiknya yang masih berusia 3 tahun.   Amir sangat sayang dengan keluarganya itu dan amir mempunyai cita-cita kelak suatu saat nanti akan membahagiakan dan menjadi anak yang dapat dibanggakan kedua orang tuanya.
Saat ini amir masih duduk kelas 4 dibangku sekolah dasar,  karena ekonomi keluarganya yang tidak mampu amir terpaksa menunda waktu belajar di sekolah dan mulai masuk sekolah dasar usia 8th. Kegiatan Sepulang sekolah amir biasanya langsung pulang dan membereskan rumah,  karena ayah dan ibunya yang berprofesi sebagai pemulung, yang selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang menjelang tenggelamnya matahari. Oleh karena itu amir yang diberi tugas oleh orangtuanya untuk  mengerjakan pekerjaan rumah.  Setelah itu aamir pergi mengamen untuk membantu perekonomian keluarganya , dari hasil mengamen amir memanfaatkan uangnya untuk uang jajan, untuk membeli buku dan peralatan sekolah lainnya . hanya sekedar untuk meringankan beban kedua orangtuanya .
Disekolah amir tergolong anak yang pendiam dan memlih mengalah apabila di jahili temannya.
Amir mempunyai teman baik bernama ryan,  amir juga mempunyai teman satu kelas bernama beni dan doni keduanya tidak suka dengan amir dan selalu mengejek serta menjahilli amir.
Suatu pagi amir bersiap berangkat kesekolah  amir berangkat sekolah bersama ryan . seperti biasa amir selalu menghampiri ryan dirumahnya untuk berangkat bersama.  “Assalamu’alaikum.. ryan ...ryan... berangkat yukk..!!” panggil amir,  “iya sebentar aku siap-siap dulu” sahut ryan. Setelah ryan keluar rumah merekapun berangkat kesekolah bersama .
Sesampainya disekolah tepat  pukul 07.00 WIB  terdengar suara “teng...teng..teng..” bel tanda masuk sekolahpun berbunyi. Semua siswa masuk kelas masing-masing.  Seperti biasa 5 menit kemudian guru kelaspun datang dan kegiatan belajar mengajarpun segera dimulai. Ibu lisa , nama guru kelas tempat amir belajar, sebelum menyampaikan materi. Ibu lisa berkata ”tolong materi ini diperhatikan dengan seksama karena materi ini akan menjadi bahan belajar untuk ulangan harian tiga hari lagi, dan 2 nilai terbaik akan dipilih menjadi wakil lomba cerdas cermat mewakili SDN 1 Sukamaju ”.  kegiatan belajar mengajarpun dimulai.
 “teng..teng..” bel istirahatpun berbunyi amir dan ryan selalu bermain bersama. Disela-sela bermain amir membuka pembicaraan ”kayaknya seru  yaa kalo bisa jadi wakil lomba cerdas cermat SDN 1 suka maju” kata amir. “Emangnya kenapa mir? Kamu berminat jadi peserta lomba itu??, tapi kan susah, syaratnya harus jadi 2 terbaik ” Sahut ryan.  “Yaa.. mungkin aja.. kan gak ada yang gak mungkin kalo kita mau berusaha” tambah amir. “Yaa.. iya sih, terserah kamu deh.. “ tambah amir.
Dari kejauhan beni dan doni memperhatikan pembicaraan mereka. “belagu banget itu sih amir pakek pengen jadi wakil lomba cerdas cermat, yang pantes tuh kita. Ya gak ben??” Kata beni dengan sombongnya, “yaa iyaa dong , dia kan Cuma anak pemulung,miskin lagi.. beda sama kita.” Tambah doni.   
Suara bel tanda masuk kelas pun berbunyi, merekapun segera bergegas masuk kembali kedalam kelas. menjelang pulang sekolah , ibu lisa kembali mengingatkan “ jangan lupa belajar yaa untuk ulangan 3 hari lagi”. “Iya buu....” sahut seluruh siswa.
 Disepanjang jalan menuju rumah amir terus memikirkan bagaimana dia bisa menjadi wakil lomba cerdas cermat. Demi membanggakan kedua orang tuanya .  sesampainya dirumah seperti biasa amir mengerjakan semua pekerjaan rumah, dan  pergi mengamen tidak lupa amir membawa buku catetan untuk  belajar disela sela waktu luangnya. Amir selalu belajar dan belajar untuk mewujudkan mimpinya menjadi wakil lomba cerdas cermat disekolahnya.
Singkat cerita, setelah 2 hari amir selalu belajar dan berusaha berlatih dengan soal-soal yang ada di buku, Tibalah saatnya hari yang dinanti pun tiba. amir bersiap berangkat kesekolah dan seperti biasa amir menghampiri  ryan untuk berangkat bersama.  Dan merekapun berangkat bersama kesekolah.
 Setibanya di sekolah mereka segera bergegas masuk kedalam kelas,  di koridor sekolah mereka bertemu dengan beni dan doni .  doni berkata kepada amir “ heii,, kamu jangan belagu jadi orang, sok-sok’an pengen jadi wakil lomba cerdas cermat, ngaca dulu kamu tuh siapa??”
“anak pemulung aja belagu, kita gak usah belajar udah pinter yaa beda sama kamu”. Tambah beni dengan sombongnya.
“Udah jangan didengerin mereka Cuma iri sama kamu, mereka gak mau tersaingi sama kamu, yang sabar yaa.” hibur  ryan.   “ iya.. yan.. aku gak apa-apa, aku gak bakalan marah sama mereka. Masuk kelas yukk” ajak amir.
“teng..teng..teng..” Bel masuk pun berbunyi.  merekapun bergegas masuk kelas.
Bebearapa saaat kemudian Bu lisa masuk kedalam kelas.  Ulangan harian pun segera dimulai. Amir pun mengerjakan dengan penuh percaya diri.
Setelah 2 jam berlalu ujianpun selesai , bu lisa berkata “okee.. hasil ulangan harian ini akan ibu umumkan besok”.  Amirpun berharap – harap cemas dengan hasil  nilai ulangannya.. dan amir terus memikirkan hasil ulangan, sesampai dirumah sampai pergi mengamen amir selalu memikirkan hasil ulangan hariannya.
Keesokan harinya amir dan ryan tidak sabar berangkat kesekolah untuk mengetahui hasil ulangan harian . seperti biasa mereka berangkat bersama. Sesampainya di sekolah, tidak lama kemudian bel masuk kelaspun berbunyi dan mereka segera bergegas masuk kelas.
Beberapa saat kemudian Bu lisa masuk kelas dan langsung mengumumkan nilai hasil  ulangan harian.
Bu lisa: “ iyaa .. sekarang ibu akan mengumumkan hasil ulangan harian kemarin,  hasilnya  adalah......”
Semua siswa nampak tengang..
“ hasil tertinggi adalah. amir , posisi kedua adalah ryan, jadi wakil lomba cerdas cermat  yang mewakili SDN1 suka maju adalah amir dan ryan “ ujar bu lisa.
 “hah... serius ini kita ??” kata amir kepada ryan dengan terkejut,  “iyaa,, kayak mimpi yaa kita” tambah ryan.
Siswa satu kelas memberikan ucapan selamat kepada amir dan ryan termasuk beni dan doni.
Doni berkata “ selamat yaa mir, yan, ma’afin aku yaa udah salah sama kalian. Aku ngaku salah”. “ ma’afin aku juga yaa mir , yan” tambah beni
  “udah tidak apa-apa. Aku juga udah ma’afin kalian kok”  kata amir. “makannya jangan suka iseng sama ngeremehin orang” tambah ryan.
“Iya  kita tahu kita salah, tapi kita masih boleh kan jadi teman kalian??” ujar beni dan doni
“Iyaa kalian tetep temen kita , iya kan yan” kata amir kepada ryan
“ iya , asal kalian jangan gitu lagi”. Tambah ryan
Akhirnya mereka pun kembali berteman dengan baik, dan saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
Jadi orang yang terlihat diam bukan berarti dia tidak bisa apa-apa,maka jangan suka meremehkan atau merendahkan seseorang sebelum tau kemampuan yang dimiliki sebenernya.